Tips Membersihkan Kerak Hitam di Kompor Gas Pakai Bahan Alami


Kerak hitam yang membandel pada kompor gas biasanya sulit dihilangkan kalau hanya dicuci dengan cara biasanya, Bunda. Namun bukan berarti sama sekali tidak bisa dibersihkan lho, karena ternyata ada cara dan bahan alami yang mampu memudarkan noda dan kerak pada bagian atas kompor.



Tips ini dibagikan oleh dr. Boy Abidin, Sp.OG(K) melalui tayangan Dr.Oz Indonesia Trans TV. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah ditemui, yakni cuka apel, lemon, jeruk nipis, baking soda, dan garam. Berikut ini cara lengkapnya.
Potong lemon menjadi dua bagian, lalu diperas. Tambahkan baking soda ke dalam air perasan lemon tersebut, aduk sampai berbentuk pasta atau kental.
1. Lemon dan baking soda


Langkah selanjutnya, oleskan adonan baking soda dan lemon tersebut dengan kuas pada kompor yang berkarat. Untuk kerak yang membandel diamkan kurang lebih 15-30 menit. Setelah itu cuci dengan air bersih.
Supaya lebih efektif bisa menggunakan sikat gigi untuk menggosok bagian yang berkarat.

"Baking soda dan lemon mengandung sifat asam yang membuat kerak pada kompor menjadi terangkat," ujar Boy, dilansir YouTube Trans TV Official, Jumat (5/6/2020).
Jika tidak ada lemon, Bunda juga bisa menggunakan jeruk nipis sebagai alternatif. Karena jeruk nipis juga bersifat asam dan dapat mengangkat kerak pada kompor.

2. Kulit lemon dan garam

Kulit lemon dan garam dapat bersifat seperti amplas karena butiran garam yang kasar dan dapat mengangkat kerak pada kompor. Caranya pun mudah, cukup taburi garam ke dalam kulit lemon, kemudian amplas bagian kompor yang berkerak. Kemudian bilas dengan air bersih.

3. Cuka apel

"Cuka apel karena sifatnya sangat asam dan korosif, jadi bisa mengangkat kerak," tutur Boy.
Caranya, tuangkan cuka apel ke dalam wadah, lalu oleskan cuka apel tersebut pada bagian kompor yang berkerak dengan menggunakan sikat gigi. Setelah itu bilas dengan air.
Nah, cukup mudah kan, Bunda? Bisa langsung dicoba di rumah lho.

0 Response to "Tips Membersihkan Kerak Hitam di Kompor Gas Pakai Bahan Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel