NASA Bikin Pengumuman Mengejutkan di Tengah Pandemi Corona

SpacexIlustrasi pesawat ruang angkasa Crew Dragon buatan SpaceX.
Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA membuat pengumuman mengejutkan di tengah pandemi Virus Corona COVID-19. Mereka akan mengirim dua astronot ke luar angkasa pada 27 Maret 2020.





Kedua astronot ini akan dikirim ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS) dengan menggunakan roket dan pesawat ruang angkasa yang dijadwalkan meluncur dari Bandara Antariksa Kennedy Space Center, Florida, AS, pada akhir bulan depan.

Roket dan pesawat ruang angkasa itu dikembangkan oleh perusahaan swasta SpaceX. NASA telah menggunakan roket Rusia untuk penerbangan berawak sejak pesawat ulang-aliknya dipensiunkan pada 2011.

Jika sukses maka SpaceX, dipimpin miliarder Elon Musk, akan menjadi perusahaan swasta pertama yang mengirim astronot NASA ke ruang angkasa.


Roket Falcon Nine dan pesawat ruang angkasa Crew Dragon akan meluncur dari Pad 39A, landasan bersejarah di Kennedy Space Center yang sebelumnya digunakan untuk misi Apollo dan pesawat ulang-alik.

Astronot Bob Behken dan Doug Hurley akan menempuh perjalanan selama 24 jam untuk mencapai ISS. Satu astronot AS dan dua kosmonot Rusia saat ini berada di ISS.

Sebelumnya, NASA berpikir untuk menjadikan Bulan layaknya Film Star Wars dengan meletakkan teleskop di sana. Sisi gelap Bulan dipilih untuk dijadikan observatorium karena wilayahnya yang sunyi dan memiliki pandangan ruang yang luas.

Mereka memiliki ide untuk meletakkan array teleskop di dalam kawah selebar satu kilometer, sehingga akan terlihat seperti Death Star. Inovasi ini disebut Lunar Crater Radio Telescope (LCRT).

Proyek memiliki nilai investasi US$125 ribu atau sekitar Rp1,9 miliar yang diambil dari program Innovative Advanced Concept (NIAC). Ide ini dicetuskan oleh robotik NASA, Saptarshi Bandyopadhyay.


0 Response to "NASA Bikin Pengumuman Mengejutkan di Tengah Pandemi Corona"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel